0
Kegiatan Evaluasi belajar untuk kenaikan kelas tahun 2015 telah di mulai pada tangal 11 Mei 2015. Kepada santri telah diberikan 3 hari sebelumnya masa tenang dan masa  tafakkur untuk mempersiapkan diri mengikuti Evaluasi Belajar Kenaikan Kelas. Yang giat dalam belajar dan mendapatkan hasil yang maksimal akan naik ke jenjang kelas berikutnya dan akan mempelajari Kitab Arab di jenjang kelas lebih tinggi. 

Suasana Dayah mulai disibukkan oleh santri yang mencari Tgk untuk tempat belajar tambahan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sangat berbeda dengan suasana sebelumnya yang sering kelihatan santri diluar asrama. Santri mulai mengasah, dan lebih memantap hafalan serta makna dari kitab-kitab yang sedang di uji di bilek Tgk dan di atas balai-balai pengajian yang ada.

Sistem ujian secara lisan yang mengharuskan santri bisa membaca kitab dan memberikan arti kata serta menjelaskan makna yang terkandung dalam kitab seperti kitab Fikih, Tauhid, Tasawuf, Sejarah, Nahu dan Saraf. Ujian lisan yang paling banyak mengandung hafalan terdapat pada kitab Nahu dan Saraf. Sistem debat juga di terapkan oleh Tgk penguji untuk melihat kelihaian dan kejelian santri dalam menyelesaikan masalah yang di ajukan oleh Tgk penguji terhadap tata cara bacaan kitab arab.

Semoga Evaluasi Kenaikan kelas tahun 2015 ini bisa menjadi momentum yang membuat santri lebih bersemangat dalam menuntut ilmu.



Post a Comment

Kritik dan Saran Untuk Membangun Selalu Kami Nantikan Dari Anda

 
Top